surat lamaran kerja tanpa mencantumkan perusahaan Wates

surat lamaran kerja tanpa mencantumkan perusahaan Wates

 Siapapun pasti butuh surat lamaran kerja kalau ingin menjadi karyawan. Sebuah proses yang saya juga pernah melakukannya.
Sebelum kamu mendownload surat lamaran kerja tanpa mencantumkan perusahaan Wates , saya perlu sedikit bercerita. Lalu, Saya persiapkan semua berkas yang pasti diperlukan dan meminta teman saya – seorang sarjana komputer, agar memberikan contoh surat lamaran kerja miliknya untuk saya tiru. Saya perlu sampaikan juga bahwa teman saya ini belum mendapat panggilan kerja sejak 2-3 tahun dia wisuda. Sebelumnya saya selalu menanyakan dibenak saya kenapa dia belum juga mendapatkan kerja bermodal titelnya sampai saat itu?
Sampai saya tahu selama ini karena surat lamaran kerja yang dia buat. Waktu itu diam-diam saya hanya berkata dalam hati “apa nilai yang kamu jual?”.

Contoh yang Salah

Ya, benar.dia tidak menceritakan sesuatu yang menarik dengan keahlian juga keterampilannya. Umumnya pelamar hanya menyampaikan sesuatu yang konseptual. Dengan pertimbangan resume demikian, apa yang bisa diharapkan oleh perusahaan dari calon karyawan seperti itu ? Mungkinkah perusahaan hanya berharap calon kandidat ini menyimpan bakat tersembunyi, yang bisa memenuhi kualifikasi dari sebuah tugas yang akan diberikan? Saya rasa tidak semudah itu, Ferguso..
Kita semua tahu bahwa rekruter pasti memilih calon karyawan yang berkualitas. Paling tidak, calon karyawan memenuhi kualifikasi untuk bekerja di lingkungan perusahaan tersebut.

Apa Saja yang Penting di Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja tidak buruk dibuat sesimpel dan sesederhana mungkin. Tunjukkan penguatan untuk yang anda anggap sesuai untuk menjabat jabatan yang di lamar. Karena sedikit peluang bagi pemberi kerja mencerna semua bahasa yang anda rinci. Umumnya sekedar pada beberapa bagian saja yang akan diprioritaskan. Untuk memberikan contoh bagi anda, poin-poin yang penting disebutkan dalam surat lamaran kerja.

Berikut Hal yang harus anda sebutkan dalam resume:

  1. Tulis bentuk yang baik/benar. Pada saat sekolah di tingkat atas (SMA/SMK), hal ini sudah pernah dibahas. Tapi seperti biasa, kita pasti sudah lupa. Santai saja, kamu akan mendapatkannya disini.
  2. Pakai kalimat resmi sesuai dengan kaidah. Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah tingkat atas perihal ini sudah menjadi materi khusus. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan untuk persiapan memasuki dunia kerja di Indonesia. Tetapi, seiring perkembangan jaman yang sudah memasuki industri 4.0. Sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan atau yang disyaratkan perusahaan. Tenang saja, kami sudah siapkan contohnya dengan berbagai versi.
  3. Tuliskan Biografi singkat pada bagian awal pengenalan. Tak perlu panjang lebar, secara umum dan tidak perlu detail disini. Ada tempat lain yang lebih tepat untuk menjelaskan diri kamu sepenuhnya.
  4. Siapkan file sesuai kompetensi. Ini adalah salah satu penunjang lolosnya kamu dari seleksi calon kandidat. Maka dari itu, melengkapi persyaratan administrasi ini adalah suatu hal yang harus kamu lakukan agar bisa lanjut ke tahap selanjutnya.
  5. Sampaikan kemampuan spesifik atau kebiasaan positif anda sesuai posisi lamaran. Tidak banyak yang melakukan hal ini, padahal ini penting bagi rekruter.
 Lihat poin 5 diatas! 
Hal ini sering diabaikan bahkan oleh seorang lulusan perguruan tinggi sekalipun!
Dunia kerja
Anda boleh saja tidak memiliki sertifikat kompetensi tapi umpama kamu bisa menceritakan dengan spesifik secara tertulis dalam surat lamaran, maka saya jamin kamu memiliki kesempatan dipanggil lebih tinggi. Dibandingkan dengan hanya menuliskan kemampuan secara umum.
Contohnya seperti menuliskan kemampuan mengoperasikan alat kerja, alat kerja yang biasa digunakan, cara menggunakan internet. Atau kebiasaan menarik yang bisa mendukung pekerjaan di posisi tersebut. Misal anda biasa kerja keras, atau anda suka bertemu orang banyak atau terbiasa tepat waktu adalah kebiasaan positif yang banyak dibutuhkan di berbagai posisi.

Hal-hal yg perlu dihindari saat menulis surat lamaran kerja tanpa mencantumkan perusahaan Wates

Nah, untuk memperjelasnya dibawah adalah sebuah contoh surat lamaran kerja yang bisa kamu tiru
Kepada YTH
HRD Bank Mandiri Cabang Malang
Jln. Kawi Kav. V Malang
Dengan hormat,
Berdasarkan informasi dari lowongan kerja pada iklan.
Dibawah adalah data singkat saya:
Nama : Marixon
Tempat/Tanggal Lahir : Yogyakarta, 5 September 2004
Alamat : Gang Jerapah no. 19A
No. Hand phone : 08131434609017
Status : Menikah
Pendidikan Terakhir : Strata satu
Dengan ini saya mengajukan lamaran kerja pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Sebagai pertimbangan saya lampirkan pula:
  1. Curriculum Vitae
  2. FC Transkrip Nilai
  3. Foto copy ijazah S-1
  4. FC KTP
  5. Pasfoto 4 x 6 terbaru
Demikianlah surat lamaran yang telah saya buat ini. Saya sangat berharap untuk bisa bekerja dalam perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya berjanji akan bekerja dengan sebaik mungkin seperti apa yang diharapkan oleh Bank MANDIRI.
Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Hormat Saya
( Nama )

Perhatikan contoh diatas yang saya kutip dari website lain. HINDARI menulis surat lamaran kerja tanpa mencantumkan perusahaan Wates seperti ini karena lamaran anda hanya akan menjadi tumpukan sampah di ruang HRD perusahaan yang anda bidik. Enggak percaya?! Coba aja deh, hehe..
Kalau kamu bisa diterima menggunakan surat lamaran tersebut, selamat.. Anda dibantu orang dalem, hhehe. Tapi apakah penempatan posisi yang diisi sesuai dengan minat anda? Apakah salary yang anda terima sepadan dengan upah minimum? Hmmm, kayanya enggak deh.
Jadi, mari tunjukkan bahwa kalian memang layak bergabung di kantor idaman kamu dengan dasar kamu memiliki kualifikasi yang sesuai. Walaupun anda belum berpengalaman dalam jobdesc itu, si calon bos pasti memiliki tehnik untuk menggali potensi kalian pada tahap interview sesudahnya. Paham? Ayo coba kita bedakan dengan contoh surat lamaran kerja yang lain.

Gunakan surat lamaran kerja tanpa mencantumkan perusahaan Wates ini

Karawang, 22 September 2016
Kepada Yth :
Direktur PT. Tiara Jaya,
Jl. H. Agus Salim No. 12 Karawang
Perihal : Lamaran Kerja
Lampiran : Enam (6) berkas
Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : MUH. GIBRAN AL GHIFARY, SE
Umur : 21 tahun
Alamat : Jl. R. Suprapto No. 13 Karawang
No. Telp/HP : 081212345276
Pendidikan Terakhir : S1 Akuntansi
Dengan ini saya ingin mengajukan permohonan lamaran kerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk mengisi kekosongan formasi di perusahaan Bapak/Ibu.
Saya memiliki kemampuan desain web dan grafis serta kemampuan office seperti Excel. Ms. Word, Powerpoint, Outlock, Acces, dan kemampuan komputer di bidang pemrograman. Selain itu saya juga memiliki kemampuan bahasa inggris baik lisan maupun tertulis. Saya memiliki integritas dan loyalitas serta semangat kerja yang tinggi.
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan pula beberapa berkas berikut ini:
  1. Pas Photo Berwarna 3 x 4 sebanyak 1 lembar
  2. Foto Copy Ijazah Terakhir sebanyak 1 lembar
  3. Foto Copy KTP
  4. Daftar Riwayat Hidup
  5. Foto Copy Sertifikat Kursus Komputer
  6. Foto Copy Sertifikat Kemampuan Bahasa Inggris TOEFL
Demikian surat permohonan lamaran kerja ini saya ajukan. Besar harapan saya bapak/ibu pimpinan dapat mempertimbangkan permohonon saya untuk diterima di perusahaan yang bapak/ibu pimpin. Atas perhatiannya saya haturkan banyak terima kasih.
Hormat Saya,
MUH. GIBRAN AL GHIFARY, SE
Pada contoh diatas dapat kita lihat bagaimana sang pelamar kerja menyebutkan beberapa keahliannya. Ya, itulah nilai tambah dari sang pelamar. Sangat logis jika sang pelamar ini akan mendapatkan peluang untuk mengikuti wawancara kerja, karena dianggap memiliki kompetensi dan nilai tambah.

Catatan pada surat lamaran kerja tanpa mencantumkan perusahaan Wates

Percaya diri dengan keahlian kamu merupakan salah satu value yang bisa kamu jual kepada rekruter.
Ilustrasi surat lamaran kerja tanpa mencantumkan perusahaan Wates
Buat kamu yang baru saja menyelesaikan pendidikan baik di tingkat atas maupun setingkat universitas. Mungkin kamu butuh mencontoh [pgp-title] yang sudah umum dipakai di perusahaan-perusahaan start up. Silahkan klik link download dan edit beberapa bagian kalimat saja untuk menyesuaikan dengan perusahaan dan posisi pekerjaan yang kamu lamar.
Lain halnya bagi anda para profesional yang pernah atau masih bekerja dan ingin pindah ke perusahaan lainnya. Mungkin anda tidak sempat dibandingkan dengan rutinitas anda yang menuntut profesionalisme sehingga anda tidak sempat membuat sebuah surat lamaran yang menarik. Saya coba membantu anda untuk membuatkan sebuah resume dengan profesional atau terlihat modern dengan sentuhan artistik yang bisa memperbesar peluang panggilan kerja di perusahaan yang anda incar. Hanya dengan ongkos secangkir kopi langganan yang tidak membebani dompet.
Pesan
Spread the love

Cari Lowongan

Wann Written by:

Hai, Saya Wann Kurnia. Kontributor untuk duniakerja.org Butuh bantuan menulis surat lamaran kerja, resume, CV, cover letter bisa hubungi saya via kontak di situs ini atau email ke support@duniakerja.org

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *